Serius, Jangan Asal Ganti Busi Motor Injeksi

standar.org | Sebelumnya Saya tulis sebuah artikel tentang "Loss Kompresi" dimana ujung-ujungnya Saya mencoba ganti busi karena motor masih tidak mau menyala. Tapi sebelum membeli busi, tidak lupa Saya serahkan ke Mbah Google untuk referensi agar tidak dikibulin si penjual busi di bengkel-bengkel nakal, sebenarnya tujuannya utamanya biar tidak salah beli busi, masalah dikibulin itu urusan kedua yang penting kita "sok" ngerti tentang busi ke penjualnya :D

Untuk busi jenis motor injeksi ternyata memang berbeda dengan motor karburator pada umumnya. Pada busi jenis injeksi terdapat penambahan kode huruf "R", dimana kode ini menurut Kang Ari di blognya (hasil seacrh di Mbah Google) aripitstop.com bahwa huruf tersebut menandakan busi menggunakan resistor yang berfungsi sebagai "penangkal" gelombang elektromagnetik yang timbul dari berbagai part motor termasuk busi itu sendiri.
Serius, Jangan Asal Ganti Busi Motor Injeksi
busi asli dari motor injeksi ada kode "R" (bawah), dan busi biasa yang dibeli di dealer Yamaha (atas)

Lantas efeknya apa jika busi menggunakan jenis yang biasa..??

Lagi, menurut kang Ari di blognya, motor injeksi sebagian besar sistemnya menggunakan sensor untuk meningkatkan kinerja mesin, dalam artinya sensor-sensor tersebut bekerja sesuai yang dibutuhkan sehingga membuat motor menjadi lebih efisien.

Hanya saja kelemahan dari sensor tersebut sangat sensitif terhadap gelombang elektromagnetik yang dibahas di atas, oleh karena itu busi aslinya menggunakan resistor untuk menangkal gelombang tersebut sebelum merusak sensor yangmana akibatnya lampu Malfunction Indikator Lamp (MIL) menyala kedap-kedip yang menandakan adanya "kegalauan" di sistem :D.

Tapi lucunya, busi jenis "R" ini sangat sulit Saya temukan (di Balikpapan), sudah hunting ke bengkel-bengkel pinggir jalan bahkan ke bengkel resmi yamaha tetap tidak ada. Pihak dealer yamaha sendiri meng-klaim busi yang mereka jual (tanpa kode "R") bisa dipakai dan memang biasanya dipakai oleh costumer Yamaha. Hmm.. menyediakan barang tapi tidak ada spart part sesuai aslinya.


Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini mungkin berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi Admin di halaman Disclaimer.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Serius, Jangan Asal Ganti Busi Motor Injeksi"

  1. Yg baru kena, kabel body. Pdhl baru pake 1 minggu pakai busi tanoa kode R. Moror matic saya mio J

    ReplyDelete

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
More Emo??? OR Hidden Emo???
!!! DISCLAIMER !!!