Spoofing Email, Email yang Seolah-olah Berasal dari Anda

standar.org | Spoofing email yang kalau diartikan adalah email penipu, email yang masuk ke inbox (biasanya ke folder spam) menggunakan alamat email sendiri, kok bisa..?? Itulah yang disebut teknik spoof, email Anda telah di spoof. Spoofing adalah pemalsuan alamat balasan pada pesan keluar untuk menyembunyikan asal pesan yang sesungguhnya.
Spoofing Email, Email yang Seolah-olah Berasal dari Anda-1
image from www.pertamina.com
Awalnya Saya juga heran, ketika melihat folder spam, ada email yang tidak biasa terlihat. Domain ini, (@standar.org) merupakan domain asli Saya, Sayapun menggunakan beberapa email dari domain ini. Tapi anehnya Saya tidak pernah membuat email dari epson@standar.org, canon@standar.org dan beberapa email lainnya, tapi kok bisa muncul di folder spam, dan seolah-olah itu email dari akun Saya :-/.

Spoofing Email, Email yang Seolah-olah Berasal dari Anda-2

Isi dari email tersebut tidak lain adalah virus, entah apa akibat jika attach email tersebut di klik, Sayapun tidak tahu karena jika ada email sejenis, Saya lebih sering mengabaikan. Parahnya, jika seandainya email tersebut terkirim ke kerabat atau orang lain yang kritis, malah berakibat merusak nama baik Anda :p.

Banyak trik para penjahat cyber untuk mendapatkan data pribadi Anda, salah-satunya artikel yang pernah dibahas di blog ini, Waspada Trik Phising Untuk Mencuri Data Pribadi Anda. Dalam teknik spoofing ini ciri-cirinya selalu menggunakan kalimat jebakan yang membuat Anda penasaran atau bahkan emosi.

Dibagian support google, sudah dibahas tentang hal spoofing ini.
Ketika mengirim surat lewat pos, biasanya Anda akan menulis alamat balasan di amplop sehingga penerima dapat mengetahui si pengirimnya, dan kantor pos dapat mengembalikan surat ke pengirimnya apabila ada masalah. Namun Anda bisa saja menulis alamat balasan yang berbeda dari alamat Anda yang sebenarnya; dan bahkan orang lain dapat mengirim surat dan menulis alamat balasan Anda di amplop suratnya. Email pun demikian. Ketika server mengirim pesan email, pesan akan mencantumkan pengirimnya, namun isi bidang pengirim juga bisa dipalsukan. Apabila ada masalah pengiriman dan ada seseorang yang memalsukan alamat Anda di pesan, maka pesan mungkin akan dikembalikan kepada Anda, walau mungkin Anda bukanlah pengirim pesan yang sesungguhnya.
Begitulah penjelasan tentang teknik spoofing menurut google. Hal yang mungkin terjadi kenapa pemalsuan email bisa dibuat, ada 2 kemungkinan :
  1. Pesan telah di-spoof, dengan memalsukan alamat Anda sebagai pengirim pesan.
  2. Pengirim yang sesungguhnya menggunakan alamat Anda sebagai alamat balasan, sehingga balasan pesan akan dikirim kepada Anda.

 Tips dan Saran 
  1. Rutinlah mengganti password Anda, mungkin tiap 6 bulan sekali, tapi hal ini harus hati-hati, karena jika keseringan juga, bisa berakibat lupa password :D.
  2. Monitor aktivitas email Anda, bisa di lihat di bagian bawah kanan email, tulisan DETAILS. Anda pun bisa menutup semua aktivitas di web lain dengan membuka link tersebut.
  3. Laporkan ke Komisi Perdagangan Federal, spam@uce.gov.


Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini mungkin berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi Admin di halaman Disclaimer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spoofing Email, Email yang Seolah-olah Berasal dari Anda"

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
More Emo??? OR Hidden Emo???
!!! DISCLAIMER !!!