Review : Uang Panai', Film Layar Lebar Makassar Pertama Kental Dengan Pesan Moral

standar.org | Terlalu berlebihan jika film ini dikatakan film terbaik saat ini, tapi itulah yang Saya bisa simpulkan setelah menonton film asli dari makassar yang bertemakan tentang mahar biaya nikah ini.

Saya termasuk orang yang malas nonton di bioskop, dulunya iya memang suka, tapi setelah menikah mulai agak dikurangi, mengingat mungkin diluar banyak "godaan" :D.

Berawal dari ajakan teman (yang sama2 orang makassar), mau nonton film Uang Panai'. Karena ini film asli dari makassar Saya langsung meng-iyakan untuk meladeni. Itung-itung support dengan hasil seni anak negeri. Tapi yang menjadi alasan minat nonton karena judul filmnya yang sudah jadi hal yang unik di Makassar. Yang ada dibenak hanya cerita lucu yang ditawarkan, mengingat 2 orang pemeran dalan film tersebut merupakan "artis" youtube yang senang membuat adegan lucu, salah-satunya yang berjudul "jalangkote" :D.


Tumming dan Abu yang diperankan dalam film tersebut benar-benar bisa membawa suasana "kocak", pas dengan karakter mereka.

Di sesi pertama film, adegan lucu benar-benar ditawarkan, sampai-sampai sesisi studio tertawa lepas. Saya yakin 90% penonton yang hadir adalah orang makassar, karena mereka benar-benar menikmati filmnya.
Berhubung Saya tinggal di Balikpapan yang notabenenya pendatang, namun antusias penonton asal Makassar sangat besar untuk menonton film ini. Dan memang tidak semua orang bisa tertawa lepas jika tidak mengerti dialek Makassar, karena dialek itulah yang membuat film ini unik dan lucu. Jadi saran Saya jika Anda bukan orang Makassar, lebih baik bawa teman dari Makassar biar bisa konsultasi maksud dari percakapannya :D, walaupun film ini dilengkapi dengan text Indonesia.

Apa lagi yang menarik dari film ini, Nilai Moral yang disampaikan benar-benar sesuai dengan Syariat Islam dalam hal pernikahan, dan inilah yang Saya respect dengan filmnya, benar-benar tersampaikan. Bahwasanya mahar bukanlah uang panai' dan begitu sebaliknya, gengsi hanya menghalangi niat suci untuk melengkapi sebahagian Agamanya.
Pesan ini benar-benar harus disampaikan, maka para Orang Tua (khususnya asal Makassar yang memiliki anak gadis) sebaiknya nonton film ini.

Salam//

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini mungkin berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi Admin di halaman Disclaimer.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Review : Uang Panai', Film Layar Lebar Makassar Pertama Kental Dengan Pesan Moral "

  1. Sepertinya bagus filmnya,jadi pengen nonton juga, Bahasa di filmnya pake bahasa indonesia tpi kan??

    ReplyDelete
  2. memang bagus banget tuh film...

    ReplyDelete

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
More Emo??? OR Hidden Emo???
!!! DISCLAIMER !!!