Waspada Aksi Penipuan Penerimaan Karyawan PT. Pertamina (Persero) - Trik Baru Penipu

standar.org | Entah sampai kapan para penipu berkeliaran di dunia maya, selalu mengambil kesempatan dalam sempitnya ruang :D.

Saat ini beredar lagi trik tipu-tipu yang mengatasnamakan PT. Pertamina (Persero).

Waspada Aksi Penipuan Penerimaan Karyawan PT. Pertamina (Persero) - Trik Baru Penipu

Katanya PT. Pertamina (Persero) lagi membuka lowongan pekerjaan, dan diharuskan mengirim lamaran via e-mail, padahal pihak Pertamina sudah menegaskan bahwa proses Perekrutan Pegawai Pertamina langsung di situs Pertamina tidak di situs-situs lain bahkan via e-mail.

Info tentang lowongan pertamina ini Admin dapat dari pertanyaan seorang teman, yang katanya temannya juga dapat info dari suatu forum di Facebook, jadi info dari teman ke teman dan ke teman lagi yang sudah tidak valid :D, jika infonya salah maka akan banyak memakan korban. Terimakasih buat teman Admin (Bondan), follow his twitter @BondaMums yang sudah mengkonfirmasi info seperti ini, diharapkan dengan adanya klarifikasi seperi ini bisa mengurangi korban penipuan.

Biasanya penipuan ini menggunakan e-mail yang seolah-olah dari perusahaan MiGas seperti,
  • pt.pertamina@contractor.net.
  • pertamina.pt@asia.com
  • Mungkin ada yang lain, mohon infonya dari yang merasa pernah menerima email yang mencurigakan
Terlihat jelas bahwa sumbernya bukan dari Pertamina tapi pihak lain. Sebelumnya banyak juga info lowongan Pertamina yang memiliki Domain e-mail dari Yahoo, gmail dan email gratis lainnya, jelas sangat tidak masuk akal jika Pertamina menggunakan email gratisan seperti itu.

Jika diperhatikan domain email yang digunakan adalah contractor.net dan asia.com, Admin mencoba buka situs tersebut, maka yang muncul sejenis situs yang berisi iklan. Situs tersebut berada dibawah naungan worldmediagroupllc.com.

Pelaku juga mencoba meyakinkan para korban dengan kata-kata yang menggiurkan, seperti gaji yang didapat karyawan pertamina minimal Rp. 10,962,000 plus uang makan perharinya Rp. 25,000 rupiah.

Admin juga mencoba cari iklan tentang lowongan ini, iklan yang berhasil didapat dari Hery Purwanto yang memasang iklan di situs argunshop.co.id dengan ID member Hery Purwanto adalah dalle.argunshop.co.id nomor telepon 021-24599777.

Berikut kutipan iklannya :

Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi dan mengirim via email yang akan kami proses.
Tuliskan nama posisi yang anda inginkan di subject email, tuliskan nama situs info Lowongan (dari mana anda mengetahui info tersebut) max data 256 kb (cv & lamaran berada di 1 file yang sama, berbentuk word/pdf )

Nah, kelihatan jelas jika niat pelaku untuk menerima email dari korban, mungkin ada niat lain pelaku seperti mendapatkan Data Pribadi korban ketika mengirim email ke pertamina.pt@asia.com misal username dan password atau bahkan nomor kartu kredit Anda. Jadi waspadalah.

Setelah mendapat laporan dari teman tentang lowongan pertamina yang menggunakan email pt.pertamina@conctractor.net dan pertamina.pt@asia.com tersebut, Admin mencoba mengirim email dengan maksud mendapat penjelasan dari Pihak Pertamina secara resmi.


Jadi jelas bahwa email pt.pertamina@conctractor.net dan pertamina.pt@asia.com adalah PALSU

Lantas bagaimana para penipu itu bisa mendapatkan email dari domain contractor.net dan asia.com yang seolah-olah email resmi dari perusahaan??

Awalnya sempat percaya dengan email tersebut, tapi teringat ada situs penyedia email selain yahoo, gmail dll yang memungkinkan pengguna menggunakan domain sesuai keinginan. Silahkan baca postingan ini(link menyusul), disitu ada cara untuk mendapatkan email yang berdomain aneh-aneh, lucu-lucu dan unik. Harap gunakan email Anda untuk kepentingan positif dan bukan untuk kepentingan negatif.

Jika Anda masih ragu dengan informasi sejenis itu, berikut beberapa link yang mungkin berguna untuk Anda:

  1. Pertamina : Waspada Penipuan
  2. Situs Resmi Pertamina Terkait Tersedianya Lowongan Pekerjaan : recruitment.pertamina.com
  3. Waspada Aksi Penipuan Penerimaan Karyawan PT. Pertamina (Persero)
  4. Telepon Resmi PT. Pertamina (Persero) : 021-500 000
  5. E-mail Resmi PT. Pertamina (Persero) : pcc@pertamina.com
  6. Contoh Undangan Interview Penipuan bisa di download di sini

Silahkan di Share Jika Berguna Bagi Kerabat, Keluarga dan Anda Sendiri

2 comments for "Waspada Aksi Penipuan Penerimaan Karyawan PT. Pertamina (Persero) - Trik Baru Penipu"

  1. Luar biasa penipuan. Mencatut nama pertamina untuk kepentingan pribadi

    ReplyDelete
  2. penting ini,.. waah saya jadi korban nih, bodoh kali aku. waah cara keluar cvnya gmana yah.

    ReplyDelete

Komentar Dengan Facebook