Perbedaan Prepaid dan Postpaid

 standar.org | Saat mau beli token listrik ada istilah Prepaid dan Postpaid, masih bingung ? Mari kita bahas dibahas yang lebih sederhana.

Bukan hanya di token listrik, pulsa telepon juga memakai istilah yang sama. Yang biasa kita dengar istilah pulsa prabayar artinya kita beli dulu pulsanya baru kita bisa gunakan sementara pascabayar lebih dikenal dengan pembayaran tiap bulan setelah kita pakai berapapun pulsanya.

Berikut perbedaan pengertian dari kata Prepaid dan Postpaid:

  • Prepaid atau dalam bahasa indonesianya pra-bayar adalah kita membayar atau membeli dulu baru kita bisa gunakan. Jadi token listrik yang sekarang sudah banyak terpasang di rumah-rumah, itu adalah sistim Prepaid atau pra-bayar, dimana pulsa listriknya  kita beli dulu baru bisa kita gunakan.
  • Postpaid atau pasca-bayar adalah dimana kita memakai dulu servisnya baru belakangan kita bayar sesuai yang kita pakai, dalam kata lain kita bayar tagihannya belakangan, tapi ada juga servisnya yang berapapun kita pakai ada minimal pembayaran yang kita harus bayar tapi tetap masuk dalam kategori postpaid.
Untuk lebih mudah membedakan, ingat saja pelajaran SD dahulu, Pre atau Pra, yang biasa kita dengar istilah Pra-Sejarah yaitu dimana keadaan Sebelum Sejarah.

Post atau Pasca, bisa dikaitkan dengan Pasca-Melahirkan yaitu keadaan Setelah Melahirkan.

Post a Comment for "Perbedaan Prepaid dan Postpaid"

Komentar Dengan Facebook