Jangan Ragu, Pilih Pelumas Pertamina - Enduro Matic SAE 10W-30

standar.org | Bagi yang lagi kebingungan mencari oli mesin terbaik untuk motor matic, Anda sedang berada di tempat yang benar :D. Tulisan kali ini Saya coba berbagi pengalaman saat menggunakan oli mesin kendaraan roda dua.

Sejak SMA, ketika motor Yamaha Jupiter berwarna silver buatan tahun 2000-an jadi tunggangan ke sekolah, bahkan sampai menemani ke tempat kuliah, satu-satunya oli mesin yang Saya pakai tidak lain tidak bukan hanya Yamalube.

Harus diakui memang saat itu tidak mengerti dan sama sekali tidak mau pusing soal oli motor. Hanya mengandalkan saran dari teknisi bengkel, lagian nama Yamaha sangat lekat dengan pelumas Yamalube, jadilah sampai bisa beli sendiri motor baik itu motor manual dan matic tetap saja menggunakan pelumas dariYamalube.

Hingga awal april 2015 lalu, seorang teman memberikan petuah tentang "Cintailah Produk Indonesia" :D. Sempat jadi bahan pertimbangan untuk beralih ke pelumas buatan pabrik BUMN terbesar di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Pelumas milik PT. Pertamina (persero).

Namun untuk memantapkan hati menggunakan pelumas buatan anak bangsa, tidak lupa untuk mencari referensi di mbah google. Di Kaskus (forum terbesar di Indonesia) ada yang membahas tentang pelumas mesin motor, yangmana ada beberapa user yang merekomendasikan menggunakan pelumas Pertamina, Enduro Matic SAE 10W-30, juga tidak sedikit yang mengaku kalau memang pelumas ini banyak dicari di bengkel-bengkel.
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013851293/oli-mesin-motor-matic-terbaik-menurut-kaskuser
Meski penulis tersebut menempatkan Enduro Mati pada urutan ketujuh, tapi itu merupakan penilaian dari seorang, bukan dari banyak orang.

Setelah memantapkan hati untuk menggunakan pelumas Enduro Matic, maka huntinglah Saya mencari pelumas buatan Pertamina ini, berhubung motor yang Saya gunakan berjenis Matic alias Yamaha Mio J, maka pelumas yang cocok untuk jenis motor ini adalah Enduro Matic SAE 10W-30.

 Proses Penggantian Oli Enduro Matic SAE 10W-30 
Setelah buka baut dan proses penggantian oli selesai, rasanya tidak sabar juga untuk mengetahui apa ada pengaruhnya terhadap mesin motor. Dan... apa yang terjadi setelahnya, ternyata rasa penarasan itu terkikis setelah menggeber motor untuk kali pertama sejak pemakaian oli Enduro Matic.

Jangan Ragu, Pilih Pelumas Pertamina - Enduro Matic SAE 10W-30-1

Rasanya memang responsive, kedengaran smooth, meski belum sepenuhnya Saya rasakan hingga akhirnya Saya memakaianya ke tempat kerja pada malam hari (lagi shift malam), perasaan ingin menggeber terus-terusan motor saking nyamannya. Mungkin ini terdengar berlebihan, tapi itulah yang Saya rasakan, entah itu karena memang benar karena pelumas tersebut atau hanya karena sugesti dalam diri, entahlah.

 Kelebihan Pelumas Enduro Matic SAE 10W-30 
Selebihnya, biasanya motor matic Mio ini hanya smooth ketika berlari di kecepatan 60km/jam keatas, artinya ketika mencapai kecepatan itu, suara mesin motor sudah berubah terasa halus dan nyaman.

Namun ketika berganti ke pelumas Pertamina, dikecepatan 40km/jam sudah terasa smooth, perpindahan speed dari awal gas pun terasa cepat, rasa-rasanya ingin terus-terusan melaju dengan kecepatan 60-an km/jam keatas terus, padahal biasanya Saya hanya menggunakan kecepatan 40km/jam berhubung kota Balikpapan merupakan kota nyaman dan tertib jadi tidak perlu melaju tergesa-gesa:).

Memang ketika beralih pelumas, ada niat untuk posting tentang perubahan yang Saya rasakan jika memang ada, karena waktu maka postingan pun selalu terlupakan meski selalu ada perasaan ingin segera membuat artikel ini ketika merasakan kembali nyamannya menggeber motor Saya.

 Apakah Irit Bahan Bakar..?? 
Masalah irit, pasti ada yang bertanya apa ada pengaruhnya seperti yang didengunkan pihak Pertamina. Sebenarnya masalah ini sulit untuk dideteksi, lagian Saya tipe orang yang tidak memperhatikan sampai sedetail itu, pokoknya kalau bensin minim , tinggal isi lagi, Sekedar informasi Saya menggunakan Bensin jenis Pertamax sekali lagi untuk ketahanan mesin motor dan Alhamdulillah bisa beli, jadi biarkan Bensin jenis Premium digunakan oleh yang lebih berhak :).

Jangan Ragu, Pilih Pelumas Pertamina - Enduro Matic SAE 10W-30-2

Setelah yakin dengan produk pertamina, akhirnya Saya pun memeutuskan untuk menggunakan segala jenis pelumas Pertamina untuk motor Mio Saya, diantara untuk oli mesin gardan, seminggu setelah menggunakan pelumas Enduro Matic SAE 10W-30 lantas Saya juga mengganti oli gardan dengan Enduro Gear. Dan untuk kedepan Sayapun niat untuk mengganti/menambahkan minyak rem milik Pertamina yaitu Pertamina Brake Fluid Dot 3 Plus, meski saat ini belum berhubung untuk minyak rem membutuhkan waktu yang lama untuk pemakaiannya.

 Terakhir: Kesimpulan dan Saran Untuk Anda 
Biasanya kita juga kadang ragu-ragu untuk mencari produk Asli yang beredar, bukan tidak mungkin akan banyak produk palsu alias oplosan beredar diluar sana, untuk itu, silahkan cari pelumas yang ingin Anda gunakan di tempat-tempat terpercaya, Saya lebih memilih membeli pelumas Pertamina di market milik SPBU daripada di bengkel-bengkel, kecil kemungkinan mereka mejual barang palsu.

Jangan Ragu, Pilih Pelumas Pertamina - Enduro Matic SAE 10W-30-3

Mengenai berapa lama penggantian oli untuk kendaraan, Saya sudah coba browsing dan ada beberapa jenis pemahaman yang berbeda dari setiap artikel yang Saya baca, namun Saya simpulkan lebih baik melakukan pengantian oli mesin tiap 2500Km dan oli gardan tiap  5000Km, jadi tiap penggantian oli mesin yang kedua, lakukan juga penggantian oli gardan sekalian.

Untuk mencari produk pelumas Pertamina yang cocok untuk motor Anda, silahkan ikuti link berikut : www.pertaminaracing.com/pilihproduk


Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini mungkin berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi Admin di halaman Disclaimer.

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Jangan Ragu, Pilih Pelumas Pertamina - Enduro Matic SAE 10W-30"

  1. betul, ini info, saya pakai untuk pcx dan supra jossbener

    ReplyDelete
  2. oli enduro joss......................

    ReplyDelete
  3. Gan kalo enduro dipakai untuk vario cocok gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sih gan, coba cek disini : http://www.pertaminaracing.com/pilihproduk/23/Motor/Honda/Vario/Vario%20CBS

      Delete
  4. Salam anak balikpapan, salam pengguna enduro juga

    ReplyDelete
  5. senasib om, pertama juga pindah dari oli bawaan akhirnya pindah ke enduro.
    rasa nya persis seperti yg ente jelasin :)

    ReplyDelete
  6. Banyak juga yang bilang lama-lama suara mesin jadi kasar..dan cepet panas..konsumsi BBM jadi agak boros..
    Ngerasain itu ga gan?

    ReplyDelete
  7. Baru bulan ini motor2 rental ane cobain enduro, beat.. xeon rc.. vario.. semoga lancar.

    ReplyDelete
  8. br prtma pk enduro emg terasa yahuut tp prbandingan bensin agak lmyan boros. entah itu oerasaan sy/emg knytaanya bgtu. entahlah.. lg proses percobaan. smg itu mmg hnya perasaan sj.

    ReplyDelete
  9. Memang setiap motor kalau dipacu akan terasa jos, nyaman dihati, tak terasa bensin pun mengalir cepat, itu wajar, karena ke enceran oli yg dibawah standart, namun coba bedakan pemakaian dengan oli yg 10-40 merk bawaan, rasakan berat nya tarikan, rasakan panasnya sampai menguap ke betis dan paha, lari ngorok ' bikin jengkel hati, saat keadaan penting sulit utk dipacu.., jd bagi saya no problem dengan coment masalah bensin, toh semua oli dgn kekentalan SAE 10w-30 ada perbedaan dgn suara mesin, always.., Enduro Matic ga ada matinya..

    ReplyDelete

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
More Emo??? OR Hidden Emo???
!!! DISCLAIMER !!!