Motor Matic Tiba-Tiba Loss Kompresi, Do It Yourself

standar.org | Tadi siang motor matic tiba-tiba mati sendiri ketika di perjalanan menuju tempat potong rambut buat istri. Saat jalanan turunan yang awalnya menanjak, tiba-tiba motor mati sendiri, dibenak langsung terpikir, "loss kompresi".

Sebelumnya di kampung halaman, makassar, pernah kejadian, ketika dibawa ke bengkel resmi teknisinya langsung menyimpulkan "loss kompresi" alias kompresi bocor, ciri-cirinya ketika di kick starter tidak ada "tendangan" alias tekanan balik dari engkol yang menandakan ada kebocoran di daerah ring piston, seolah tidak ada busi terpasang, dan yang pasti jika distart electric mesin tidak akan menyala.

Si teknisi beranggapan bahwa inilah "penyakit" dari motor injeksi khususnya motor matic, Saran dia hanya ada 2, cara mudah/cepat atau cara susah/lama. Cara mudah yaitu memasukkan oli ke dalam ruang piston melalui lubang busi, dan cara susahnya harus turun mesin, dalam artian memperbaiki ring daerah piston agar tekanan tidak bocor dikemudian hari.

Karena waktu itu sedang ada urusan juga faktor keuangan, maka cara pertamalah yang Saya pilih. Awalnya juga rada heran karena oli dimasukkan daerah ruang bahan bakar, apakah tidak ada pengaruh buruk terhadap pistonnya. Tapi karena Saya awam ilmu motor jadilah terima saja sarannya.

Sebenarnya ini kali kedua loss kompresi terjadi di motor matic di kota balikpapan. Yang pertama saya lakukan cara pertama saran dari teknisi bengkel makassar itu, dan berhasil. Tapi yang kedua ini belum berhasil, mungkin karena oli yang Saya masukkan ke ruang bahan bakar tidak cukup untuk menutup ring yang bocor itu dan akhirnya Saya lanjutkan esok harinya.

Di balikpapan terkenal dengan daerah bergunung-gunung, pada kasus pertama loss kompresi terjadi ketika habis tanjakan dan menuju turunan, dan kasus kedua juga terjadi hal yang demikian. Entah apa ada pengaruh dari tanjakan (motor tidak kuat menahan tekanan karena ringnya sudah aus) atau tidak, tapi lucunya kejadiannya sama, padahal pagi sebelum kejadian baru saja mengganti oli baru.

Beginilah cara mudah dan cepat mengatasi loss kompresi, yaitu memasukkan oli ke dalam ruang bahan bakar melalui lubang busi.

1. Buka penutup daerah busi
Motor Matic Tiba-Tiba Loss Kompresi, Do It Yourself-1

2. Masukkan oli menggunakan selang kecil (selang yang Saya pakai bekas Nebulasi si Anak :D)
Motor Matic Tiba-Tiba Loss Kompresi, Do It Yourself-2

Setelah dirasa cukup, pasang kembali busi seperti semula dan starter motor menggunakan engkol (bukan electric), jika belum berhasil, coba ganti busi yang baru, karena Saya sendiri mengalami hal itu, memancing dengan busi baru dan setelah motor normal, Saya pasang lagi dengan busi aslinya.

3. Jangan heran kalau knalpot mengeluarkan asap yang ngepul, itu biasa ;)
Motor Matic Tiba-Tiba Loss Kompresi, Do It Yourself-3

 Kesimpulan 
Sebagai orang awam tentang teknik motor, Saya cuma menulis apa yang Saya alami berdasarkan pengalaman dan tips dari teknisi dari bengkel motor handal.
  • Penyebab loss kompresi saat ini Saya simpulkan karena ring dari ruang piston sudah aus jadi tekanan mudah bocor, ini juga asumsi dari teman sekantor, Ilham Nahru.

 Saran 
Cara mengatasinya yaitu dengan 2 cara, yaitu:
  • memasukkan oli (disarankan oli baru/bersih) ke dalam ruang bahan bakar melalui lubang busi
  • turun mesin yang harus dilakukan di bengkel resmi.
Jika ini terjadi pada motor matic Anda, Anda bisa "DIY" (Do It Yourself) alias perbaiki sendiri, tapi sangat disarankan setelah berhasil harus ke bengkel resmi untuk cek ulang kondisi ring ruang bahan bakar untuk menghindari nantinya kejadi hal yang sama.


Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini mungkin berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi Admin di halaman Disclaimer.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Motor Matic Tiba-Tiba Loss Kompresi, Do It Yourself"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))
More Emo??? OR Hidden Emo???
!!! DISCLAIMER !!!